Tips Mengelola Keuangan yang Baik Bagi Karyawan


winartoajisaputro.com
- Mengelola keuangan merupakan ilmu yang harus dikuasai oleh setiap orang, termasuk bagi karyawan. Karena kesehatan keuangan kita saat ini, dan juga kondisi keuangan kita di masa yang akan datang, sangat bergantung pada bagaimana cara kita mengelola keuangan. Karena itulah, sekarang kami akan membagikan beberapa tips mengelola keuangan yang baik bagi karyawan.

5 Tips Mengelola Keuangan yang Baik Bagi Karyawan

1. Rencanakan pengeluaran bulanan

Hidup tanpa rencana bisa membuat siapa pun tersesat, begitu juga dengan merencanakan pengeluaran bulanan. Jika tidak dilakukan, maka uangmu bisa saja habis entah untuk apa. Karena itulah, di setiap awal bulan atau sehabis gajian, buatlah rencana pengeluaran bulanan.

Kategorikan beberapa pengeluaran ke dalam beberapa hal penting, sekunder, dan juga opsional. Untuk yang penting contohnya seperti kebutuhan sehari-hari, sekunder seperti edukasi, dan kebutuhan opsional adalah sesuatu yang sifatnya kurang penting dan jika tidak dilakukan, tidak akan berpengaruh signifikan dalam hidupmu.

2. Gunakan metode 50/20/30

Jika kamu kesulitan dalam membagi-bagikan keuangan, maka kamu bisa mencoba pembagian anggaran 50/20/30. Aturan ini dipopulerkan oleh Senator Elizabeth Warren dalam bukunya yang berjudul “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”. Tapi mungkin ada beberapa perbedaan dalam teori yang akan saya sebutkan di sini.

50% dari gajimu digunakan untuk kebutuhan, 30% untuk keinginanmu, dan 20% sisanya untuk ditabung. Contohnya jika gajimu Rp5.000.000, maka Rp2.500.000 untuk kebutuhan, Rp1.500.000 untuk keinginan, dan 20% sisanya yaitu Rp1.000.000 ditabung.

3. Buat beberapa rekening

Nah jika menggunakan 1 rekening terlalu menyulitkan dalam pembagian keuangan, maka kamu bisa membuka beberapa rekening lagi. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam pembagian keuangan. Sepertinya sekitar 3 rekening saja sudah cukup untuk hal ini.

Untuk menabung, saya sarankan untuk membuka rekening di Bank Syariah Indonesia saja. Karena di bank tersebut ada rekening dengan akad Wadiah yang tidak memerlukan biaya bulanan. Jika kamu tetap ingin menggunakan 1 rekening, maka bukalah di bank digital seperti Jenius yang bisa membagikan uang ke dalam beberapa bagian.

4. Jauhi utang

Tips mengelola keuangan yang ke-4 adalah dengan menjauhi utang. Saya berpikir kalau utang adalah sesuatu yang buruk, apalagi utang bank dan pinjaman online. Jika berutang, maka hal tersebut bisa saja membuat keuanganmu sakit dan sulit dalam mengelolanya. 

Karena itulah, sangat disarankan untuk tidak berutang. Tapi, jika kamu sangat memerlukannya, pinjamlah ke kerabat atau tetangga. Jangan pinjam ke bank, aplikasi pinjaman online, dan pinjaman lain yang berbunga. Selain riba, pinjaman tersebut bisa membuatmu terjebak dalam jebakan utang.

5. Buat catatan keuangan

Tips terakhir adalah melakukan pencatatan keuangan. Pencatatan keuangan harus kamu lakukan untuk mengetahui kondisi keuanganmu. Selain itu, kamu juga bisa tahu apakah ada pengeluaran yang tidak penting, pengeluaran yang membengkak, atau yang lainnya.

Nah untuk mempermudah pencatatan keuangan, gunakan aplikasi yang ada di smartphone saja. Karena, menggunakan aplikasi tersebut lebih praktis. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan diantara-Nya adalah Catatan Keuangan Harian, BukuKas, DompetKu, BukuWarung, dan yang lainnya. Pilih saja salah satu aplikasi yang kamu sukai.

Akhir Kata

Nah itulah 5 tips mengelola keuangan yang baik bagi karyawan. Beberapa hal lain yang harus diperhatikan adalah menyiapkan dana darurat dan juga berinvestasi. Dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk tetap mendapatkan penghasilan meskipun kamu tidak bekerja secara aktif.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url