Jualan di Tokopedia atau Shopee? Berikut 5 Hal yang Harus Kamu Tahu


winartoajisaputro.com
- Dua e-commerce terbesar di Indonesia, bersaing secara aktif untuk mendapatkan lebih banyak pengguna. Keduanya pun menjadi tempat yang cocok untuk berjualan online. Buat kamu penjual pemula, mungkin bingung saat memilih ingin jualan di Tokopedia atau Shopee. Nah sekarang kami akan membahas beberapa hal yang harus kamu tahu.

5 Tips Memilih Jualan di Tokopedia dan Shopee

1. Jumlah kunjungan

Berdasarkan data yang kami dapatkan dari SimilarWeb, webiste Tokopedia berada di urutan pertama dalam daftar e-commerce paling banyak dikunjungi di Indonesia. Sekitar 165,35 juta kunjungan di dapatkan Tokopedia per Juli 2021. Sedangkan Shopee berada di urutan kedua dengan 141,57 juta visits.

Semakin banyak jumlah pengunjung, maka semakin bagus juga untuk bisnis. Dalam hal ini Tokopedia memang menang. Tapi, kamu tidak boleh menjadikan jumlah kunjungan sebagai salah satunya patokan. Karena, kamu harus mempertimbangkan hal-hal lainnya.

2. Target pasar

Tokopedia atau Shopee memiliki ceruk pasar yang populer satu sama lain. Berdasarkan data yang kami himpun selama beberapa waktu, Tokopedia bagus untuk membeli barang elektronik. Sedangkan Shopee banyak digunakan untuk berbelanja fashion.

Selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa Tokopedia menjadi tempat berbelanja pilihan bagi perempuan. Sedangkan, pembeli di Tokopedia banyak laki-laki. Tapi, data tersebut belum tentu benar. Meskipun begitu, data yang beredar bisa kau gunakan untuk menemukan tempat jualan yang tepat. Jadi, silahkan riset sendiri aja untuk lebih jelasnya.

3. Persaingan

Dalam bisnis, pasti ada yang namanya persaingan. Yang membedakan adalah bahwa persaingan itu sehat atau tidak. Nah berdasarkan pengalaman saya, penjual di Tokopedia mendapatkan lingkungan persaingan yang lebih sehat dibanding di Shopee.

Hal tersebut tak lepas dari beberapa hal. Contohnya seperti banyaknya dropshipper di Shopee yang membuat sebuah barang memiliki banyak penjual. Hal tersebut mengakibatkan para penjual haris saling memurahkan harga jual untuk mendapatkan penjualan. Di Tokopedia sepertinya hal itu lebih terkontrol. Silahkan cek sendiri agar bisa tahu kondisi pasar.

4. Fitur promosi

Kemudahan penjualan merupakan hal yang harus diperhatikan saat berjualan di e-commerce. Keduanya memang menyediakan fitur-fitur bagus untuk jualan, seperti bisa membuat promosi. Tapi, sepertinya kami lebih memilih Shopee yang banyak memberikan kemudahan penjualan.

Hal yang membuat Shopee bagus adalah karena menyediakan banyak gratis ongkir kepada pembeli. Bahkan tidak ada minimal belanja. Di Tokopedia memang juga ada promosi bebas ongkir. Tapi sayangnya pembeli harus membelu barang dengan harga min. Rp50.000. Tapi hal ini bukan berarti Tokopedia tidak bagus, karena di Tokopedia banyak yang membeli barang dengan harga yang mahal.

5. Iklan

Menyediakan tempat beriklan merupakan salah satu pendapatan utama bagi e-commerce. Baik Tokopedia atau Shopee, keduanya menyediakan tempat beriklan yang bagus. Tapi, kami pernah mendapatkan informasi bahwa iklan Tokopedia memiliki sistem yang lebih baik daripada Shopee.

Terdapat perbedaan minimal top up saldo iklan diantara Tokopedia dan Shopee. Jika di Shopee kamu bisa top up minimal Rp25 ribu, di Tokopedia minimal top up nya lebih tinggi, yaitu Rp50.000. Untuk penjual pemula yang baru beriklan, mungkin Shopee menjadi pilihan yang tepat.


Nah itulah 5 hal yang harus kamu tahu mengenai Tokopedia atau Shopee. Untuk penjual pemula, sebaiknya pilih salah satunya saja. Jangan langsung keduanya. Setelah banyak barang yang terjual di salah satu e-commerce, maka pertimbangkanlah untuk membuka toko di e-commerce lain.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url