Cara Jualan di Facebook Marketplace yang Terbukti Efektif


winartoajisaputro.com
- Jualan di Marketplace mengharuskanmu bersaing dengan banyak toko sampai banyak yang banting harga. Karena itulah, sebaiknya kamu cari tempat jualan lain untuk meningkatkan keuntungan. Saran saya, jualanlah di Facebook Marketplace.

Tahun 2017 lalu, Facebook meluncurkan fitur Marketplace pada media sosialnya. Di sini, orang-orang bisa menjual maupun membeli barang.

Kelebihan Facebook Marketplace

1. Jumlah pengguna Facebook yang banyak

Facebook memiliki pengguna yang banyak sekali. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna Facebook adalah lebih dari 170 juta jiwa. Dengan banyaknya jumlah tersebut, menghasilkan banyak uang dari sana bukanlah hal yang mustahil. Kamu hanya perlu tahu cara-caranya.

2. Gak perlu banting harga

Saya menjual sebuah barang di FB Marketplace dengan harga Rp29.000, dan banyak yang beli. Sedangkan saya lihat di Tokopedia ada yang jual Rp25.000. Hal tersebut membuktikan bahwa kamu tidak perlu banting harga untuk menjual barang yang murah.

3. 1 kali upload untuk beberapa bulan

Jika jualan di Facebook Marketplace, kamu tidak perlu upload produk setiap hari. Karena, 1 kali upload barang bisa untuk beberapa bulan. Contohnya saya mengupload jualan HDMI ke FB Marketplace. Dan sampai sekarang masih ada yang ngechat tentang barang tersebut.

Cara jualan di Facebook Marketplace

Nah buat kamu yang tertarik untuk jualan di FB Marketplace, berikut langkah langkah yang harus kamu lakukan.

1. Ketahui target pasar

Target pasar yang harus kamu sasar di Facebook Marketplace adalah orang tua (ibu-ibu maupun bapak-bapak). Usahakan fokus produk ke target pasar tersebut. 

2. Siapkan barang jualan

Selanjutnya adalah menyiapkan barang jualan yang bagus. Saran saya, jangan menjual barang yang terlalu mahal. Jual lah produk yang biasa saja yang harganya maksimal Rp50.000.

3. Siapkan gambar barang yang menarik

Siapkan gambar produk dan edit lah dengan menarik. Jangan lupa untuk menambahkan tulisan "Bisa COD" di gambar tersebut. Karena memang jualan di Facebook harus bisa COD.

4. Optimasi judul

Format judul yang bisa kamu gunakan adalah "[BISA COD] + NAMA BARANG + MEREK + KETERANGAN (jika perlu)". Jangan lupa untuk menggunakan huruf kapital pada seluruh judul.

5. Pasang harga yang masuk akal

Meskipun tidak perlu banting harga, tapi kamu harus tetap memasang harga yang masuk akal. Ambil lah keuntungan Rp5.000 sampai Rp10.000 untuk setiap produk.

6. Pilih kategori yang relevan

Banyak kategori produk yang bisa kamu jual di Facebook. Karena itulah, jangan lupa untuk memilih kategori yang relevan. Biasanya saran kategori akan tampil setelah mengetik judul.

7. Pilih lokasi target pasar

Pilih target pasar sesuai lokasimu. Tapi, kamu juga bisa memakai lokasi lain. Sebaiknya lakukan riset menggunakan Google Trends untuk menemukan lokasi yang ramai mencari produk jualanmu.

8. Jangan lupa masukkan keterangan yang bagus

Tulislah keterangan produk yang singkat, padat, dan jelas. Jangan terlalu panjang, karena pembeli pasti malas membacanya. Gunakan teknim copywriting jika kamu bisa menggunakannya.

9. Masukkan tanda

Tanda juga penting sekali untuk dimasukkan, gunakan 1-3 kata yang relevan dengan produk yang kamu jual. Untuk tanda, kamu bisa memasukkan sampai 20 tanda. Silahkan masukkan saja seperlunya.

Akhir Kata

Nah itulah cara jualan di Facebook Marketplace yang terbukti efektif. Jika pembeli ingin COD, kamu bisa mengarahkannya pada Shopee/Tokopedia. Jadi, buatlah toko khusus di Marketplace tersebut untuk keperluan COD.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • None
    None 16 September 2021 16.35

    Mantap Min, informasinya ini sangat bagus , apalagi penjelasan artikel nya mudah di pahami , thkz tips nya moga sukses selalu

  • Unknown
    Unknown 10 Oktober 2021 17.48

    Lumayan mudah yah ternyata

Add Comment
comment url