6 Tips Mendidik Anak Agar Berakhlak Mulia


winartoajisaputro.com - Mendidik anak tidak mudah untuk dilakukan. Apalagi jika tujuannya adalah agar anak memiliki akhlak yang mulia. Hal tersebut karena sifat anak yang cenderung egois dan cukup sulit dikendalikan. Buat para orang tua, kebetulan sekali. Di sini kami akan memberikan beberapa tips mendidik anak agar berakhlak mulia.

6 Tips Mendidik Si Buah Hati Agar BerAkhlak Mulia

1. Memberi contoh yang baik

Seorang anak biasanya akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Karena itulah, cara terbaik agar anak memiliki akhlak yang mulia bukan hanya dengan menceramahinya, tapi juga dengan memberikan contoh yang baik.

Selain itu, orang tua juga jangan sampai melakukan perbuatan buruk saat dilihat anak. Karena bisa saja anak tersebut akan menganggap itu hal yang wajar, atau bahkan lebih buruk lagi akan menirunya di kemudian hari.

2. Biasakan untuk berbuat baik

Bisa karena terbiasa. Begitu juga dengan akhlak mulia. Seorang anak tidak serta-merta ada yang lahir dengan akhlak mulia. Semua itu karena kebiasaan yang diajarkan oleh orang tuanya.

Beberapa perbuatan mulia yang biasa dibiasakan adalah memberi kepada yang membutuhkan, membiasakannya untuk berdo'a saat akan makan dan tidur, dan yang lainnya. Selain itu, membiasakan anak untuk mendengarkan juga cukup baik, tujuannya agar anak bisa terbuka dengan nasihat.

3. Jangan membentak ketika anak salah

Jangan membentak anak sekalipun ia berbuat salah. Karena, bentakan orang tua akan lebih membekas seperti saat melakukan kekerasan kepadanya. Keduanya juga tidak boleh.

Anak yang sering dibentak akan memiliki sifat yang keras dan acuh, termasuk kepada orang tuanya sendiri. Selain itu, anak tersebut sulit dinasihat dan malah melawan. Intinya, membentak adalah cara yang sangat buruk untuk membuat anak mengerti dan patuh. Karena akan memberikan dampak buruk yang signifikan bagi masa depannya.

4. Mengajarkan ilmu agama

Agama mengajarkan banyak kebaikan, termasuk tentang akhlak yang mulia. Karena itulah, dengan mengajarkan ilmu agama kepada anak, berarti Anda sudah melakukan langkah besar untuk membuat anak menjadi orang yang berakhlak mulia.

Tidak perlu melakukan ceramah singkat di rumah. Hanya berikan nasihat saja saat ia melakukan sesuatu yang salah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Youtube, atau hal lainnya, sebagai media edukasi agama bagi sang anak.

5. Berilah apresiasi

Apresiasi merupakan sesuatu yang penting untuk diberikan. Karena bisa membuat anak termotivasi untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi. Nah, apresiasi ini sebaiknya dilakukan saat anak telah melakukan sesuatu seperti khatam Qur'an, telah berbuat kebaikan, atau hal lain seperti mendapatkan prestasi di sekolah.

Bentuk apresiasi yang diberikan juga harus bernilai positif dan berguna bagi si anak. Contohnya seperti memberikan tas baru, pakaian baru, atau bahkan liburan.

6. Awasi pergaulan anak

Selain di lingkungan keluarga, sifat anak juga dibentuk dari lingkungan pergaulannya di luar keluarga. Teman-temannya, apa yang mereka lakukan, benar-benar sesuatu yang bisa terbawa sampai ia besar. Karena itulah, ada baiknya jikq Anda sebagai orang tua melakukan pengawasan secara lebih aktif tentang pergaulan anak.

Kalau bisa, carilah lingkungan yang baik dan mudah untuk diawasi. Tidak perlu tinggal di lingkungan mayoritas, tinggal di lingkungan yang baik dan toleran juga bagus untuk anak.

Akhir Kata

Nah itulah 6 tips mendidik anak agar berakhlak mulia. Untuk mendapatkan tips yang lebih baik, sebaiknya carilah informasi dari orang yang lebih berpengalaman, ustadz, maupun pakar pendidikan anak.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url