5 Cara Mengatasi Perang Harga, Bisa Laris Meskipun Jual Mahal


winartoajisaputro.com - Perang harga merupakan salah satu hal yang buruk bagi bisnis. Karena, persentase keuntungan terhadap harga jual akan semakin tipis dan membuat bisnis sulit berkembang. Jika bisnismu sudah terjebak dalam perang harga, maka itu adalah masalah besar. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut.

5 Cara Mengatasi Perang Harga Dalam Bisnis Online

1. Buat brand sendiri

Perang harga biasanya banyak dirasakan oleh para reseller dan dropshipper. Karena, kebanyakan dari mereka tidak punya sesuatu yang penting dalam bisnis, yaitu brand. Nah untuk mengatasi perang harga, ada baiknya jika kamu mulai membuat brand dengan menjual produk yang sama dengan yang sebelumnya dijual.

Kelebihan dari sebuah brand adalah bisa memiliki penggemar tersendiri. Dengan begitu, meningkatkan penjualan bisa dilakukan dengan lebih banyak hal. Selain itu, sebuah brand biasanya akan lebih diingat oleh orang-orang daripada toko biasa.

2. Tingkatkan brand awareness

Setelah membuat brand, selanjutnya adalah meningkatkan brand awareness. Brand awareness atau disebut juga dengan kesadaran merek adalah kemampuan konsumen untuk mengingat maupun mengenali suatu merek hanya dengan melihat logonya, warna, dan segala identitas yang berkaitan dengan brand tersebut.

Nah intinya brand awareness ini adalah agar brand mu bisa melekat di hati dan pikiran konsumen. Cara meningkatkan brand awareness bisa dengan membuat logo yang menarik, aktif berinteraksi di media sosial, menggunakan jasa Influencer, dan bisa dengan terus beriklan di Facebook Ads maupun Instagram Ads.

3. Pilih tempat jualan yang sehat

Tempat jualan memiliki peran yang sangat besar bagi bisnis. Sebuah tempat jualan yang persaingannya tidak sehat akan mengakibatkan sebuah bisnis sulit berkembang. Karena sulit untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Nah sebaiknya pilihlah tempat jualan yang sehat.

E-commerce memang tempat jualan yang bagus. Tapi jika kamu tidak punya brand, maka kamu bisa dengan mudah terjebak perang harga. Karena itulah, sebelum berjualan di e-commerce, ada baiknya jika kamu berbisnis di Instagram, Facebook, maupun website. Nah, setelah itu baru mengarahkan pelanggan untuk membeli di tokomu yang ada di e-commerce.

4. Tingkatkan kualitas produk

Kualitas produk biasanya berbanding lurus dengan harganya. Produk yang murah memiliki kualitas yang murahan. Nah biasanya pada produk seperti itulah yang sering kali terjadi perang harga. Karena, banyak para reseller dan para dropshipper yang menjual barang dengan harga yang murah.

Alih-alih menjual barang yang murah, jual saja barang yang mahal. Karena, banyak pelanggan yang menyukai produk yang berkualitas, meskipun harganya mahal. Karena itulah, salah satu hal untuk mengatasi perang harga adalah dengan meningkatkan kualitas produk yang kamu jual.

5. Terus berinovasi

Berinovasi artinya membuat terobosan baru dalam bisnis kamu. Entah itu dalam hal produk, sistem, maupun hal lainnya yang bisa memberikan keuntungan besar bagi sebuah bisnis. Nah jika kamu ingin bisnismu terus maju sambil memberikan keuntungan besar, maka teruslah berinovasi.

Tapi, kamu mungkin harus melakukan banyak penelitian dan pengembangan yang membutuhkan waktu cukup lama. Tapi, hal tersebut tidak apa-apa jika kemu memiliki tim khusus untuk berinovasi. Jangan lupa juga untuk mengedepankan manfaat, dan kualitas. Tujuannya agar konsumen suka karena selain bermanfaat, produk kamu juga memiliki kualitas yang bagus.

Akhir Kata

Nah itulah cara mengatasi perang harga yang bisa kamu lakukan. Jika kamu melakukan semua hal di atas, bukan hal yang tidak mungkin jika bisnis kamu bisa sangat menguntungkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url