Mudah Banget! Cara Membuat Kartu Kuning Secara Online dan Offline


winartoajisaputro.com
- Kali ini saya ingin membahas cara membuat kartu kuning atau kartu AK1 di Disnaker . Saya percaya bahwa banyak pencari kerja perlu mengetahui cara membuat kartu pencari kerja ini. Mengingat saat ini banyak perusahaan dan instansi pemerintah yang membuka lowongan pekerjaan atau merekrut pegawai baru maka pelamar harus mencantumkan kartu kuning (AK-1) dalam dokumen lamaran kerjanya.

Kartu Kuning adalah Kartu Pencari Kerja atau dikenal dengan Kartu AK1. Biasanya kartu ini dimiliki oleh para lulusan baru yang sedang mencari pekerjaan. Kartu Kuning terdiri dari nama Lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Pendidikan, Agama, Tahun kelulusan di sekolah atau perguruan tinggi, informasi tentang sekolah atau Universitas tempat pencari kerja menyelesaikan pendidikannya.

Kartu pencari kerja ini pasti akan sangat berguna saat mencari pekerjaan untuk sebuah perusahaan. Kartu yang dikeluarkan oleh Dinas Ketenagakerjaan berguna ketika mengajukan pendaftaran CPNS dan BUMN. Misalnya jika Anda seorang Pekerja Migran Indonesia (BMI) yang bekerja di luar negeri di Korea Jepang atau negara lain. Anda akan memerlukan kartu kuning atau kartu AK-1 ini sebagai salah satu dokumen yang dipersyaratkan.

Kartu kuning juga mungkin berguna bagi Anda untuk mendapatkan informasi terbaru dan paling dapat diandalkan tentang lowongan dari Disnaker. Pasalnya, setelah Anda membuat kartu kuning, informasi Anda akan disimpan di kantor Dinas Ketenagakerjaan dengan status pencari kerja. Sekarang ada perusahaan yang membuka lowongan dan melaporkan kepada Disnaker. Setelah itu, menginformasikannya ke pembuat Kartu Kuning bahwa perusahaan tersebut membutuhkan karyawan. Ini sangat membantu bagi pencari kerja yang belum bekerja.

dan ketika anda sudah mendapatkan pekerjaan, lebih baik melapor agar pihak Disnaker tidak perlu menginformasikan tentang adanya lowongan kerja. Hal ini juga berlaku kepada perusahaan tempat anda bekerja.

Lalu, bagaimana cara membuat kartu kuning atau Kartu pencari kerja? Tidak perlu bingung, berikut ini syarat, biaya serta prosedur dalam membuat Kartu Kuning secara lengkap yang bisa anda pahami.

Syarat membuat Kartu Kuning atau Kartu AK-1

Sebelum membuatnya, siapkan dokumen lengkap sebagai persyaratan kepada pihak Disnaker.

1. Ijazah serta fotokopi Ijazah yang telah dilegalisir.

2. KTP beserta fotokopian nya

3. Pas foto 3x4 berwarna merah sebanyak 2 lembar.

4. Umur 18 Tahun keatas sebagai persyaratan membuat Kartu Kuning

5. Proses pembuatan tidak boleh diwakilkan

Perlu dicatat bahwa kebijakan masing-masing wilayah kantor Disnaker mungkin berbeda. Oleh karena itu, persyaratan untuk kelengkapan dokumen mungkin juga sedikit berbeda. Misalnya beberapa Kota maupun Kabupaten tidak memerlukan adanya ijazah dalam membuat Kartu Kuning. Misalnya ada daerah yang harus membawa Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran. Kemudian cari tahu melalui Kantor Disnaker setempat. Ingatlah untuk menyiapkan semua dokumen yang diperlukan supaya tidak kurang.

Biaya Membuat Kartu Kuning

Mau tahu apakah ada biaya pembuatan kartu kuning seperti SKCK atau SIM? Tidak ada! Biaya pembuatan kartu pencari kerja ini adalah 0 alias Gratis! Jadi jika ada pihak yang meminta uang untuk membuat kartu kuning (AK1) ini, mereka akan tahu bahwa mereka adalah oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dengan biaya gratis inilah, pengurusan kartu kuning dapat memudahkan pencari kerja untuk mencari pekerjaan. Jika Anda diminta untuk membayar, jangan pernah memberikan sepeserpun kepada pihak pungli.

Pembuatan Kartu Kuning dapat dilakukan dengan 2 Cara yaitu Online dan Offline. Simak langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat Kartu Kuning Secara Online

Di era Teknologi sekarang ini, semua bisa di lakukan dengan perangkat yang anda pegang. Misalnya, dengan membuat Kartu Kuning secara online. bermodalkan Kuota Internet, anda bisa melakukannya di rumah. Berikut ini langkah-langkah pembuatan Kartu Kuning secara Online.

1. Buka website resmi Dinas Ketenagakerjaan tempat anda tinggal.

2. Pilih menu daftar, isi identitas diri meliputi nama, User ID, Email, Nomor Telepon dan password

3. Selanjutnya, isi data-data lainnya seperti profil akun, data diri, pendidikan, ketrampilan, pekerjaan.

4. Jika sudah selesai, upload foto dengan memakai jas maupun baju rapi.

5. Ikuti semua prosedur yang diberikan oleh pihak Disnaker. Jika sudah, klik simpan.

6. Terakhir, anda bisa datang ke Kantor 

Disnaker untuk mengambil Kartu Kuning yang sudah disetujui.

Kartu Kuning yang sudah anda dapatkan bisa di fotokopi sebanyak 5 lembar untuk di legalisir. Kartu kuning berlaku 2 Tahun dan fotokopian nya berlaku selama 6 bulan.

Cara Membuat Kartu Kuning secara Offline

Banyak para pencari kerja tidak tahu cara membuat kartu kuning secara online dengan alasan gaptek mengenai teknologi sehingga banyak yang memakai sistem offline dengan mendatangi kantor Disnaker karena lebih afdol serta mengerti langkah demi langkah demi mendapatkan kartu pencari kerja ini. Simak cara mendapatkan kartu kuning secara offline dibawah ini.

1. Datang ke kantor Disnaker di wilayah anda untuk mencari tahu syarat-syarat untuk membuat kartu kuning. Biasanya ada di jendela kantor pendaftaran atau di mading kantor Disnaker kemudian anda foto atau catat supaya tidak lupa.. 

2. Siapkan kelengkapan dokumen untuk persyaratan membuat kartu kuning lalu pergi ke kantor Disnaker lebih awal supaya tidak mengantri. 

3. Serahkan semua dokumen kepada petugas Disnaker lalu tunggu anda dipanggil untuk di mintai pertanyaan. 

4. Jika kartu kuning sudah jadi, anda tinggal fotokopi sebanyak 5 lembar untuk di stempel.

Itulah cara membuat Kartu Kuning secara Online dan Offline yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin membuat Kartu Pencari kerja.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url