Begini Cara Membuat NPWP Secara Online dan Offline


winartoajisaputro.com
- Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang persyaratan pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Seperti yang diketahui semua orang, kartu NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah kartu dengan rangkaian nomor urut sebagai acuan pembayaran pajak. NPWP dapat disebut sebagai kartu identitas atau kartu pengenal untuk memenuhi hak dan kewajiban wajib pajak. Hal ini mengikuti Pasal 1 No. 6 UU No. 28 Tahun 2007 dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah tanda pengenal yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak (WP).

NPWP seharusnya tidak hanya dimiliki oleh perusahaan atau pelaku usaha tetapi juga milik perorangan yang ingin memilikinya secara pribadi. Selain sebagai wajib pajak, NPWP sering digunakan untuk memenuhi persyaratan dokumen pelayanan publik seperti pembuatan paspor, membuat ATM di Bank. Membantu pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan dan membuat SIUP. ada juga beberapa perusahaan yang mewajibkan pelamar melampirkan kartu NPWP sebagai syarat mendapatkan pekerjaan.

Jangan khawatir memiliki NPWP bukan berarti harus membayar pajak. Seseorang hanya diwajibkan untuk membayar pajak penghasilan jika Anda menentukan kategori wajib pajak (WP). Tanggung jawab ini juga terjadi setelah NPWP Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) bahwa Anda membayar pajak jika melebihi penghasilan tidak kena pajak (PTKP).

Syarat Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Sebelum membuatnya, Anda siapkan dokumen yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah dokumen-dokumen yang perlu disediakan:

Syarat membuat NPWP untuk Karyawan

1. Fotokopi KTP
2. Surat keterangan dari perusahaan

Syarat membuat NPWP untuk Pengusaha, Wiraswasta, Pencari Kerja

1. Fotokopi KTP
2. Surat keterangan dari Kelurahan

Syarat membuat NPWP untuk Istri

1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi NPWP Suami
3. Fotokopi Kartu Keluarga
4. Fotokopi Surat keterangan dari perusahaan
5. Fotokopi Surat perjanjian pemisahan penghasilan serta Harta


Cara Membuat NPWP secara Online

Cara mendaftar NPWP tidaklah sulit. Selain itu pendaftaran kini bisa dilakukan secara online atau Daring tanpa keluar rumah. Cara ini sangat cocok untuk pelamar yang tinggal jauh dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Berikut ini langkah-langkah panduan untuk mendaftar NPWP Online di Situs resmi Dirjen Pajak:

- Langkah pertama, buka situs https://ereg.pajak.go.id/daftar untuk membuat akun dengan menyertakan alamat email dan juga captcha. Segera lakukan verifikasi email.
- Login dengan akun tadi yang sudah diverifikasi. Masukkan email, password dan kode captcha.



- masuk ke halaman registrasi wajib pajak, masukkan semua data-data dengan benar. Selanjutnya klik daftar.



- Cetak formulir registrasi wajib pajak dan Surat keterangan terdaftar sementara di Smartphone anda.

- setelah di cetak, tanda tangani kedua formulir tersebut.

Kemudian serahkan dua dokumen yang ditandatangani ke kantor pajak setempat. Pastikan untuk mengirimkan dokumen dalam waktu kurang dari 14 hari setelah formulir dikirimkan. Sekarang tinggal menunggu kartu NPWP dikirim. Ingatlah untuk memeriksa status halaman pendaftaran secara teratur.

Bisakah pengajuan tersebut ditolak? Jawabannya bisa. perbaiki kembali data yang dimasukkan saat ditolak. Jika disetujui maka kartu NPWP akan dikirimkan lewat pos.

Akhir Kata

Perlu Anda ketahui bahwa kartu NPWP ini berlaku seumur hidup. Artinya, kartu tersebut tetap berlaku meskipun kartu hilang atau rusak. Oleh karena itu, tidak ada ketentuan untuk perpanjangan kartu NPWP. Namun NPWP dapat dicabut sewaktu-waktu. Alasan pembatalan bervariasi Kematian wajib pajak (pemegang kartu) dari wajib pajak antara lain Pemutusan badan hukum dan banyak kondisi lainnya.

Jika tidak bisa mendaftar secara online bisa dilakukan secara offline dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP). tidak lupa juga untuk membawa semua dokumen yang diperlukan. pendaftaran secara Offline juga bisa cepat jika anda datang lebih awal.

Sekian mengenai syarat membuat NPWP secara Online dan Offline yang dapat anda lakukan. Semoga bisa menjadi referensi buat anda yang ingin membuat Kartu NPWP secara Online maupun Offline.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url