Struktur Penulisan Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar



winartoajisaputro.com - Mengetahui cara menulis lamaran kerja yang tepat meningkatkan kemungkinan dilihat oleh Perusahaan. Dokumen lamaran kerja merupakan dokumen wajib yang sering diminta oleh perusahaan. Namun ketika mereka sudah lulus sekolah terkadang mereka melupakan beberapa komponen penting yang harus disertakan dalam lamaran kerja. Perusahaan dapat melihat keakuratan pelamar melalui surat lamaran yang diberikan. Inilah sebabnya mengapa setiap pelamar kerja harus menulis surat lamaran yang baik dan benar.

Lalu bagaimana cara penulisan surat lamaran kerja yang benar? Berdasarkan pengalaman saya, ada 3 pokok yang terkandung dalam komponen-komponen surat lamaran kerja yakni Kepala Surat, Isi Surat dan Penutup. Seperti apa contohnya, simak berikut ini.

Cara Menulis Surat Lamaran yang Baik Dan Benar

Kepala Surat

Ada beberapa bagian dari Kepala Surat, yaitu:

1. Tempat dan Tanggal Surat : pada bagian ini biasanya ditempatkan di kanan atas surat lamaran kerja. 

2. Identitas penerima surat : Biasanya diisi nama dan alamat perusahaan. Penempatannya dibawah tempat dan tanggal surat serta berada di sisi kiri surat lamaran kerja.

3. Salam pembuka. Bagian ini ditulis setelah mengisi nama dan alamat perusahaan dan berada di sisi kiri surat lamaran kerja. Biasanya ditulis seperti ini: "Dengan hormat,".

Isi Surat

Isi surat merupakan bagian untuk menyampaikan maksud serta tujuan dari surat lamaran kerja, seperti ini contohnya:

1. Kalimat pertama lamaran kerja dimaksudkan untuk menunjukkan kepada pelamar di mana dia menerima informasi mengenai lamaran kerja tersebut.

2. Setelah itu, pelamar menulis sebuah ketertarikannya terhadap posisi yang akan dituju.

3. Disini, pelamar mengisi data diri seperti nama, tempat, tanggal lahir, pendidikan, No. Handphone. 

4. Pada bagian ini, pelamar dapat menulis tentang keahlian yang dimiliki. Misal posisi yang dilamar adalah mekanik, maka ceritakan keahlian dalam beberapa kalimat agar mendapat nilai plus dari perusahaan.

5. Bagian terakhir silahkan pelamar dapat melampirkan dokumen pendukung seperti foto, fotokopi ijazah, sertifikat keahlian dan lainnya.

Penutup

Untuk baris terakhir, pelamar bisa menuliskan permohonan untuk dapat bergabung di perusahaan yang dilamar serta menunggu kabar baik yang akan diberikan nantinya seperti jadwal test selanjutnya. Terakhir pada kanan bawah kertas ditulis " Hormat saya" diikuti dengan tangan tangan pelamar.

Mudah bukan? Tentunya dalam menulis surat lamaran kerja harus mempunyai struktur penulisan yang jelas dan tidak boleh ada sedikit coretan. Mulai belajar dari sekarang cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url